.PERBEDAAN ANTARA CERAMAH, KHUTBAH, TABLIG, DAN DAKWAH

New materi ... 
hai brow..,.. jumpa lagi dgn blog kita, dan pastinya ketemu lagi dengan admin blog ini. hehehe :-D,
langsung saja kita masuk ke materi yang tentunya selalu update . ,, monggo..,

..PERBEDAAN ANTARA CERAMAHKHUTBAH, TABLIG, DAN  DAKWAH

Agama Islam dalam menyampaikan ajaran-ajarannya kepada seluruh umat manusia menggunakan beberapa cara antara lain melalui khotbah, tablig, dan dakwah. Cara tersebut disesuaikan dengan situasi serta kondisinya. Berikut ini definisi dari beberapa cara yang digunakan untuk menyampaikan agama Islam yaitu :

Ceramah
Ceramah termasuk pidato dengan materi tertentu, milsanya ceramah mengenai lingkungan hidup, ceramah tentang keluarga berencana. Mungkin istilah ini “berbau” Arab, maka lebih sering digunakan untuk sebuah pidato keagamaan (Islam). Penceramah identik dengan juru dakwah (da’i) atau orang yang menyampaikan pesan keislaman secara lisan.

Dalam konteks keislaman, nama lain ceramah adalah tablig. Makna dasar “tablig” itu “menyampaikan”, yakni menyampaikan atau menyebarkan pesan Islam. Kita kenal istilah “tablig akbar”, meski tidak ditemukan istilah “tablig kecil” atau “tablig kecil-kecilan”. Pekakunya disebut “Mubalig” (penceramah agama).
Namun, belakangan istilah ceramah dan tablig mulai digeser oleh istilah “Taushiyah” atau “Tausiyah”. Tablig, ceramah, atau tausiyah bermakna sama, yaitu menyampaikan ajaran Islam.

Ceramah dan tablig lebih merujuk pada aktivitas pidato, yakni pidato tentang ksislaman, sedangkan “Tausiyah” lebih berkesan “informal”, yakni berupa wejangan, pemberian nasihat, atau penyampaian “wasiat” tentang kebaikan.



Khotbah
Khotbah adalah berpidato pada rangkaian shalat Jumat yang berisi menyampaikan pesan tentang bertakwa kepada Allah SWT. Dengan syarat-syarat tertentu dan orang yang melaksanakan khotbah adalah khotib.

Tablig
Menuruy bahasa Arab tablig berarti menyampaikan. Menurut istilah arinya menyampaikan perintah dan larangan Allah SWT. sebagai ajaran agama agar manusoa beriman kepadanya. Orang yang memiliki keahlian bertablig disebut muballig. Berikut adalah salah satu hadist yang membahas tentang tablig :
“Sampaikanlah dariku walau satu ayat”(HR Bukhari)

Dakwah
Dakwah dalam bahasa Arab berarti mngajak atau menyeru. Menurut istilah dakwah merupakan mengajak manusia untuk mengikuti kebenaran berdasarkan Al Quran dan hadist sebagai sumber ajaran Islam agar manusia mendapatkan kebahagiaan di dunia dan di akhirat. Berikut adalah salah satu hadist yang membahas dakwah dan sedangkan orang yang melaksanakan dakwah adalah Da’i :

“Barang siapa yang mengajak orang ke jalan baik, maka akan mendapatkan pahala sebanyak pahala orang yang mengikutinya.” (HR Muslim)

Perbedaan Khotbah, Dakwah, dan Tablig
Sebenarnya antara khotbah, dakwah maupun ceramah memiliki tujuan yang sama yaitu, mengajak serta memberi nasihat kepada orang lain menuju kebaikan (amar makruf). Namun, dalam praktiknya memiliki beberapa perbedaan yaitu sebagai berikut :


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

NAMA NAMA MALAIKAT

Mengajar Anak Mengenal Al-Quran